, , ,

Download E-Book Adab Dalam Menggunakan HP

Selasa, 23 Februari 2010 Leave a Comment

Alhamdulillah....
Hari ini ana masih bisa bertemu kembali dengan para pengunjung setia TechnoSunnah. Kali ini ana ingin berbagi e-book seputar adab (perilaku) kita terhadap sebuah barang yang sangat dibutuhkan pada zaman ini. Barang yang mempunyai manfaat yang besar dan juga mempunyai mudharat yang besar pula apabila kita menggunakannya untuk hal yang negatif. 

Barang apakah itu...? Barang ini selalu dekat dengan penggunanya, selalu dibawa-bawa, diletakkan di kantong pakaian atau di tas, diletakkan di telinga, di pegang-pegang, di pencet-pencet dengan jempol... Apakah itu...? (hayo....jangan berfikir lama dong...). 

Yup...! Barang tersebut adalah Jawwal.

Hah....??? Jawwal....??? Apaan tuh...? Makanan ya...? kok baru denger sekarang sih ! kirain tadi yang dimaksud adalah Handphone atau HP.... Ups, sabar akhi...ukhti... Jawaban kalian itu tidak salah kok. Jawabannya adalah HP. Lho, tadi bilangnya Jawwal....? He..he..he.. Jawwal itu berasal dari bahasa Arab yang artinya alat komunikasi genggam yang populer disebut  dengan Handphone (Oh....gitu toh, subhanallah...nambah pengetahuan lagi nih...he..he..he.. alhamdulillah...).


Di zaman sekarang ini, HP adalah suatu kebutuhan yang sangat penting bahkan bisa dikatakan telah naik  tingkatannya menjadi kebutuhan primer seseorang. Dengan HP kita bisa berkomunikasi langsung dengan orang tua, saudara, sanak famili, sahabat, teman, Syaikh, Ustadz, Guru sekolah, dan yang lainnya tanpa harus bertemu langsung bahkah jarak yang sangat jauh pun tidak menghalangi seseorang untuk bisa berkomunikasi dengan orang yang diinginkannya.

HP adalah salah satu dari sekian banyak nikmat dari Allah. Maka agar nikmat itu dapat terjaga dan benar-benar menjadi karunia bagi kita perlu kita mensyukuri nikmat tersebut. Dan salah satu  diantara bentuk dari mensyukuri nikmat Allah adalah dengan menggunakan nikmat tersebut pada tempatnya dan menjadikannya sebagai sarana yang bisa membantu untuk menjalankan ketaatan kepada Allah.

Perlu kita ketahui bahwa segala yang mubah (dibolehkan) di muka bumi ini bisa bermanfaat atau bisa juga bermudharat padahal asalnya hal tersebut adalah baik. Sama juga halnya dengan Jawwal / HP, nikmat ini bisa mendatangkan kebaikan atau bisa juga akan mendatangkan keburukan. Ternyata syari'at Islam juga mengatur tentang penggunaan HP lho...(hmm...baru tahu ya... Insya Allah kalau membaca E-Book nya ini nanti akan lebih menjadikan kita lebih faham). Dengan mengetahui bimbingan syari'at Islam kita akan mengetahui rambu-rambu untuk bersikap dan berakhlaq dengan baik, serta bisa mengetahui hal apa-apa saja yang dibolehkan atau yang dilarang oleh syari'at dalam menggunakan HP tersebut.

E-Book ini adalah sebuah risalah yang ana ambil dari situs assalafy.org yang di tulis oleh Abu Ibrahim 'Abdullah bin Ahmad bin Muqbil -hafidzahullah- dengan pendapat taqrizh (pujian) dari Asy Syaikh Al 'Allamah Muhammad bin 'Abdil Wahhab Al Wushabi Al 'Abdali -hafidzahullah- Risalah ini berisikan tentang 24 bentuk adab dan akhlaq kita dalam menggunakan Jawwal / HP dengan pembahasan yang ringkas namun padat dan sarat dengan dalil-dalil dari Al Qur'an, Hadits shahih, perkataan para Sahabat dan para 'Ulama salafush sholih.

Setelah berpanjang kata dalam muqoddimah, langsung saja ana mengajak para pengunjung untuk mendownload dari link di bawah ini :

0 komentar »

Leave your response!