,

Ayo NgeBlog...!!!

Senin, 15 Februari 2010 Leave a Comment

Alhamdulillah, ana masih diberikan kesempatan oleh Allah Rabbul A'lamin buat meng-update TechnoSunnah. Kali ini ana ingin mengajak pengunjung semua untuk NgeBLOG...!!!

NgeBlog...? Apaan tuh...? Makanan ya...?
Ha...ha...ha... bukan. NgeBlog itu bukan sejenis makanan atau minuman, tapi NgeBlog itu adalah sebuah kata yang memiliki kalimat mengajak agar kita membuat Blog kita sendiri (waduh...apaan lagi tuh ! koq pengunjung disuruh-suruh gitu sih...). Hmm..tenang..tenang.... Biar ana jelasin dulu deh ya...

Blog merupakan singkatan dari "weblog" yang disingkat menjadi "blog". Istilah ini pertama kalinya diperkenalkan oleh seorang yang bernama Jorn Barger pada bulan Desember 1998. Dia memberi nama weblog" / blog untuk orang yang ingin memiliki website pribadi dan sering untuk mengupdatenya. Dan media blog yang pertama sekali menfasilitasi bagi orang pribadi yang ingin memiliki blog sendiri yaitu nenek moyangnya blog "www.blogger.com".

Pada awalnya blog hanyalah catatan perjalanan hidup seseorang (semacam diary-nya dunia maya) yang di tampilkan di internet. Dengan seiring berjalannya waktu seseorang tidak hanya ingin diketahui dari sisi catatan kehidupannya saja, akan tetapi sesorang ingin lebih dan lebih ingin diketahui oleh semua orang. Maka setelah berkembang, biasaya seseorang menambahkan aktivitasnya di dunia blog dengan saling bertukar info, memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain, memberikan layanan download seperti artikel dan lainnya, menjual produk yang dimintai orang banyak, dan berbagai macam keinginan lainnya yang tidak terbatas sesuai dengan keinginan si pemilik blog.

Dilihat dari tujuan seseorang membuat blog juga macam-macam lho..., ada yang karena ingin orang tahu dia itu seperti apa dia luar dalam (ups...jangan berfikiran kotor ! maksudnya dia mau orang lain  lebih tahu bagaimana sebenarrnya kepribadiannya), eksistensi, berbagi ilmu  dan pengetahuan ( nah...! ini dia yang diinginkan oleh TechnoSunnah hadir di dunia maya..!), forum diskusi, mencurahkan unek-unek, memajang iklan, berjualan produk,  sampai ke hal-hal di luar jangkauan akal manusia (apaan tuh...? ya...fikir ajalah sendiri....he...he...he..)

Nah, sekarang sudah tahu  dan faham kan apa itu Blog ?, terus pertanyaan selanjutnya mau ngapain kita di Blog itu...? (lho...pie toh...) Dengan memiliki Blog itu artinya kita secara tidak langsung ingin orang lain tahu seperti apa kita yang semua orang bisa melihatnya dari layanan internet. Jadi tidak hanya terbatas pada ruang lingkup dunia nyata saja, tetapi kita ingin dikenal didunia maya juga. Jadi terserah para pengunjung mau ngapain nanti di blog nya. 
- Mau punya blog buat nulis tentang diary-nya sehari-hari karena dia ingin orang tahu ?...boleh...
- Mau buat blog untuk layanan download gratis artikel agama dan komputer ?...boleh...
- Mau buat blog untuk layanan download ceramah islam berdasarkan Al Qur'an dan Sunnah ?...boleh...
- Mau buat blog untuk berbagi ilmu pendidikan formil seperti ilmu-ilmu pelajaran buat SD, SMP, SMA, sampai perkuliahan ?...boleh....
- Mau buat blog seputar dunia Islam secara umum ?...boleh...
- Mau buat blog seputar dunia politik ?...boleh...
- Mau buat blog untuk kesehatan ?...boleh...
- Mau buat blog buat jualan online ?...boleh...
- Dan lainnya apa saja yang membawa manfaat.

INTI nya, kalau mau membuat blog harus sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang kita miliki. dan jangan ikut-ikutan orang lain karena biasanya nanti cepat bosannya. Dan PERHATIAN...!!! Janganlah membuat blog yang aneh-aneh dan yang serem-serem ya...!!! Entar  Bapak Menteri Komunikasi dan Informasi bisa marah tuh...!!! ha...ha...ha...

Dimana kita bis buat blog secara gratis...? Nah, itu dia yang dari tadi ditunggu-tunggu (habis capek baca pendahuluannya aja...! he..he..he..). Kita bisa buat blog dengan gratis (asal terkoneksi internet) di website penyedia blog gratisan  seperti :
www.blogger.com
www.wordpress.com
www.mutiply.com
www.blogsome.com
www.xanga.com
www.blogdrive.com
Dan masih banyak lagi kalau kita cari di google (kalau tidak salah  yang pernah ana lihat hampir 30 website penyedia blog gratisan, tapi tidak tahu deh apa masih aktif atau tidak). Ana sendiri sudah membuat 4 blog di blogger dan wordpress, yaitu blog pribadi, blog khusus download kajian islam, blog komunitas ihkwan salafi di kampus USU, dan yang terakhir ya ini..ni... the TECHNOSUNNAH.....^_^

Jadi, jangan tunggu lagi untuk buat blog...Jangan ditunda-tunda...!!! Tapi ingat, jangan sampai anda lupa waktu untuk aktivitas lainnya karena keenakan duduk di depan komputer-laptop sambil utak-atik blog (ana tidak bertanggung jawab ya....).

Masih binggung gimana caranya buat blog gratis...? Mau E-Book panduannya ....? khusus E-Book panduan lengkap buat daftar blog gratis di Blogger dan Wordpress...?


Nantikan artikel selanjutnya dengan judul " Download Gratis Kumpulan E-Book Panduan Daftar Blog di Blooger dan Wordpress " ...!!!

Insya Allah....

0 komentar »

Leave your response!