, , , , , , ,

Nonton Video History of Pocari Sweat Yuk !

Senin, 25 April 2011 Leave a Comment

Hai semuanya...!!!
Hari ini harus tetap semangat ya ! Jangan lupa minum Pocari Sweat ya !

Siapa yang tidak kenal dengan POCARI SWEAT, minuman kesehatan pengganti cairan tubuh yang telah terkenal di seluruh dunia ini ternyata mempunyai sejarah yang penuh inspirasi dan pelajaran penting bagi kita bahwa untuk mencapai segala sesuatu yang kita inginkan itu perlu ketekukan, ketelitian, kesabaran dan optimisme yang tinggi.

Komposisi Pocari Sweat mirip dengan cairan tubuh  (keringat) dengan kandungan elektrolit yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa, sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Selain itu, Pocari Sweat juga dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.

Beberapa pekan yang lalu Pocari Sweat telah merilis sebuah video melalui media Youtube dengan judul "History of Pocari Sweat" dengan durasi video selama 30 menit.  Video ini juga telah muncul di beberapa televisi swasta seperti Global TV dan lainnya. Melalui video ini Pocari Sweat ingin berbagi kisah kepada seluruh konsumen bahkan ke semua orang  diseluruh dunia dan tentunya di Indonesia bahwa Pocari Sweat punya cerita sejarah panjang yang patut diketahui bahkan bisa menjadi inspirasi buat orang lain untuk tetap optimis untuk menggapai impiannya.

Kali ini, saya ingin bercerita dengan singkat sekaligus mengajak seluruh pengunjung untuk menonton video "History of Pocari Sweat" agar lebih mengetahui  dan lebih mengenal tentang sejarah Pocari Sweat. 
OK! Are You REEEAAADYYY...?!?!?!?!!
Video ini dibagi menjadi 5 bagian dimana masing-masing bagian pada tayangan ini memiliki unsur edukasi, unsur informasi, jalan cerita yang berbeda pada masing-masing bagian video dan tentunya bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. Yuk kita langsung ke T! K! P! (niru Parto pas jadi dalang OVJ hi..hi..hi..)



Pada bagian pertama video "History of Pocari Sweat" ini  dikisahkan suatu hari di Pabrik Otsuka Pharmaceutical yang bertempat di Tokushima pada tahun 1973, Akihiko Otsuka (35 Tahun) yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala Pabrik dan juga merupakan cucu dari pendiri Otsuka Pharmaceutical sedang mengawasi dan mengecek proses produksi di pabriknya. Akihiko Otsuka merupakan generasi penerus ayahnya yang bernama Masahito Otsuka yang menjabat sebagai Presiden Direktur Otsuka Pharmaceutical yang Ke-2. Ayah Akihiko (Masahito Otsuka) dikenal sebagai sosok pemimpin yang karismatik dan telah menciptakan beberapa produk minuman terkenal seperti Oronamin C. Karena ingin seperti ayahnya, Akihiko Otsuka  mempunyai keinginan untuk menciptakan produk yang belum ada dan bertekad untuk mengembangkan produk yang dapat menjadi pilar perusahaan dengan tangannya sendiri. Di dalam bagian pertama video diatas Akihiko Otsuka dibantu oleh Rokuro Harima (Ahli Rasa Perusahaan Otsuka Pharmaceutical) untuk mewujudkan impiannya tersebut. 

Suatu hari, Rokuro Harima masuk ke ruangan tempat Akihiko bekerja dan memberikan usul kepada Akihiko Otsuka untuk membuat produk dengan bahan dasarnya Cairan Infus. Inspirasi ini diperolehnya ketika ia berada di Mexico tepatnya berada di sebuah rumah sakit tempat ia dirawat karena beliau menderita penyakit Diare karena pada waktu itu pengadaan air bersih di daerah setempat sangatlah buruk. Karena minimnya pasokan air bersih dan terbatasnya fasilitas rumah sakit , untuk meminum obatpun Harima diberikan air soda. Kalau saja ada fasilitas infus dirumah sakit tersebut mungkin masalahnya tidak akan terlalu buruk. Harima yang berfikiran seperti itu tiba-tiba ia teringat kembali sebuah peristiwa dimana saat itu ia melihat seorang dokter minum cairan infus untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama melakukan proses operasi yang berjam-jam. Dari sanalah ide untuk membuat minuman dari cairan infus didapat, selain itu juga faktor yang mendukung ide ini karena cairan infus merupakan bidang yang perusahaan mereka kuasai. Setelah Harima menceritakan peristiwa tersebut ia berharap Akihiko dapat menerima sarannya. Akan tetapi, Saat itu Akihiko Otsuka belum bisa menerima saran dari Rokuro Harima karena belum saatnya.

Tahukah Anda ?
Ilmu yang bisa kita peroleh dari video bagian pertama diatas, yaitu :
>>> Cairan infus bisa di jadikan minuman 
>>> Air soda bisa menggantikan air putih untuk minum obat
>>> Cairan infus juga berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang  



Pada bagian kedua video "History of Pocari Sweat" ini 3 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1976, Akihiko Otsuka menjadi Presiden Direktur Pharmaceutical yang Ke-3  dengan umur yang sangat muda yaitu 38 tahun (Wah! Hebat ya Akihiko! Masih muda udah jadi direktur!). Suatu hari Harima mendatangi ruangan presiden direktur dengan membawa seorang staff yang bernama Akihisa Takaichi (33 tahun). Dia merupakan seorang peneliti muda diperusahaan Otsuka Pharmaceutical. Ternyata, Akihiko menerima usulan dari Harima diwaktu itu, yang ingin membuat minuman dari cairan infus, alasannya tidak lain hanya karena pada tahun 1976 yang menjadi olehraga trend saat itu adalah ber-jogging, itu buktinya bahwa kepedulian akan kesehatan makin meningkat. Sebenarnya Akihiko ingin menciptakan minuman kesehatan yang komposisinya sama dengan cairan yang keluar dari tubuh (keringat) sehingga menambah elektrolit dalam tubuh yang hilang saat beraktivitas sehari-hari. Setelah Akihiko Otsuka mengutarakan keinginannya kepada Rokuro Harima, maka Harimapun menyerahkan pengembangan minuman kesehatan  tersebut kepada Akihisa Takaichi (peneliti muda yang berkerja di Perusahaan Otsuka Pharmaceutical) untuk menciptakan produk baru tersebut sekaligus untuk membina peneliti muda untuk memikul masa depan perusahaan. Produk baru yang ingin diciptakan oleh Akihiko adalah minuman kesehatan yang rasanya tidak membosankan, walaupun diminum setiap hari harus terasa enak di tenggorokan.

Mulailah Takaichi untuk melakukan penelitian dan percobaan. Sebelum membuat minuman kesehatan, Akihisa Takaichi terlebih dahulu harus memahami keringat itu apa lalu kemudian membuat penelitian tentang Komposisi Keringat. Pertama kali Takaichi pergi ke salah satu tempat yaitu Sauna di Jepang dan disanalah ia mengambil sampel keringat dari Sauna. Lalu, di tempat lain ia berjalan-jalan mengelilingi perusahaan sampai berkeringat, kemudian mengambil sampel keringat yang merembes dari kulitnya. Setelah ia mendapatkan dua sampel keringat yang berbeda, ia melakukan penelitian tentang komposisi keringat tersebut. Dalam penelitian tersebut ia mendapatkan nilai Ion Natrium (Nilai Konsentrasi Kadar Garam) yang berbeda. Ion Natrium adalah zat yang menjadi sebab asinnya keringat. Nilai Ion Natrium yang dihasilkan saat di Sauna (145) jauh lebih besar dari Ion Natrium yang diperoleh saat ia berjalan kaki (20). Karena konsepnya adalah minuman kesehatan untuk sehari-hari, Takaichi langsung membuat minuman yang sama persis dengan komposisi keringat yang kadar nilai Ion Natrium yang rendah (keringat yang didapat saat berjalan kaki).

Minuman itu pun telah selesai dibuat, lalu paginya Takaichi  segera menunjukan hasil penelitiannya itu kepada Harima. Menurut Harima, minuman yang diciptakan Takaichi itu terasa pahit dan susah ditelan. Jika terasa pahit dan susah di telan pasti konsumen tidak akan menyukainya. Perlu kita ketahui bersama (ilmu nih loh!), dalam komposisi keringat, selain zat Ion Natrium yang menimbulkan rasa asin. Terkandung juga Zat Ion Kalium / Ion Magnesium yang menimbulkan rasa pahit. Selama Takaichi melakukan penelitian untuk menciptakan produk yang diinginkan oleh Akihiko, Takaichi telah melakukan lebih dari 1000 kali percobaan dan selalu mendapatkan respon yang kurang positif dari Akihiko dan Himura karena masalah rasa yang kurang pas dan terlalu pahit.
Sungguh benar-benar penuh perjuangan tanpa henti ! Terharu banget...!
Tahukah Anda ?
Ilmu yang dapat di peroleh dari video bagian kedua ini adalah :
>>> Keringat terbagi menjadi 2 yaitu keringatkonsenstrasi kadar air garam tinggi dan konsenstrasi kadar air garam rendah
>>> Di dalam keringat mengandung Ion Natruim yang menimbulkan rasa asin dan  Ion Kalium/Magnesium yang menimbulkan rasa pahit pada keringat



Akhirnya pada bagian ketiga "History of Pocari Sweat" ini, setelah melewati serangkaian penelitian dan percobaan yang telah lebih dari 1000 kali dilakukan, Takaichi berhasil menemukan rasa yang pas dan cocok sesuai dengan keinginan Akihiko dan Harima. Sebabnya adalah dengan percampuran dua unsur yang berbeda. Apakah itu ? Suatu hari, Akihiko Otsuka menerima sampel minuman serbuk instant yang sedang dalam proses pengembangan juga diperusahaan, dan rasanya juga masih belum sempurna. Lalu tiba-tiba (DOR...!!! bukan bom loh! ha..ha.ha..) Akihiko dengan spontan mencoba mencampurkan sampel minuman  Takaichi dan minuman serbuk instant tersebut. Ternyata hasilnya sempurna, minuman hasil penggabungan tersebut sangat terasa enak dan tidak terasa pahit lagi. Ternyata, rasa pahit dari minuman yang dibuat Takaichi dapat tertutupi oleh rasa pahit yang khas dari jeruk. Minuman serbuk instant itu berasal dari Jeruk, karena ada kemungkinan rasa pahit dari jeruk dapat menetralkan rasa pahit yang dihasilkan dari keringat.

Takaichi pun kembali membuat penelitian lagi dengan bermacam jenis jeruk. Hal ini dilakukan Takaichi untuk mencocokan  jenis jeruk apa yang cocok untuk minuman kesehatan yang dibuat olehnya tersebut. Dan ia mendapatkan jeruk yang cocok dengan minuman kesehatannya itu. Rahasianya adalah rasa pahit yang dihasilkan keringat dapat hilang dengan mencampurkan sari buah jeruk. Sampai saat ini perusahaan tetap merahasiakan jenis jeruk yang dipakai dalam minuman Pocari Sweat tersebut. Jeruk apakah itu ?
Jeruk Bali kali ya ?! Emang ada jeruk bali di Jepang ?! ha..ha..ha..
Ternyata setelah menemukan konsep rasa yang pas dari minumannya, masih terjadi masalah yang dialami Takaichi yaitu kadar gula yang dipakai dalam Pocari Sweat ada 2 yaitu kadar gula 7% dan 6,2%. Para staff peniliti lebih memilih yang mengandung kadar gula sebesa 7% karena lebih manis, tetapi tidak dengan pemahaman dan pemikiran jenuis Harima. Untuk memberikan pemahaman kepada seluruh staff peneliti, akhirnya Harima mengajakan para staff peneliti untuk mendaki gunung Bisan di kota Tokushima untuk melihat reaksi dari Pocari Sweat. Setelah berkeringat Harima mengeluarkan 2 botol sampel minuman yang berbeda dan diberikan keseluruh staff untuk diminum. Ternyata, minuman yang dicampur dengan kadar gula 6,2% lebih enak dan segar dibandingkan dengan mengunakan kadar gula 7%. Karena saat berkeringat minuman dengan kadar gula rendah akan lebih terasa enak. Dan juga fungsi utama dari minuman kesehatan yang diinginkan oleh Akihiko adalah minuman sebagai pengganti cairan keringat yang hilang setelah melakukan aktifitas sehari-hari, maka minuman yang dicampur dengan kadar gula yang rendah yaitu 6,2% lebih bereaksi baik didalam tubuh dibandingkan dengan minuman yang dicampur dengan kadar gula yang lebih tinggi yaitu 7%.  Harima memang benar-benar jenius...!

Dihari berikutnya, sampel minuman yang sudah diselesaika oleh Takaichi pun langsung dihadapkan oleh Akihiko untuk dicoba. Setelah dicoba Akihiko menyetujui akhir dari konsep rasa yang dibuat pada minuman tersebut dan langsung Akihiko memberikan nama untuk produk barunya itu dengan nama POCARI SWEAT. POCARI artinya memiliki kesan menyegarkan dan kata SWEAT yang artinya keringat dalam bahasa Inggris.
Hore...!!! Akhirnya Pocari Sweat selesai diciptakan...!!! BANZAI...!!!
Setelah berhasil menciptakan Pocari Sweat, Akihiko langsung mengadakan rapat direksi untuk mengumumkan produk barunya yang akan dipasarkan. Ternyata setelah dirapatkan dengan beberapa pimpinan kepala direksi perusahaan, Pocari Sweat ditanggapi dengan keputusan yang negatif karena rasanya aneh dan tidak enak bahkan diprediksi seluruh pimpinan kepala redaksi perusahaan saat itu bahwa Pocari Sweat akan tidak laku di pasaran. Namun Akihiko tetap bertekad untuk memasarkannya ke konsumen. Apa yang terjadi selanjutnya dengan nasib Pocari Sweat saat mulai di pasarkan ?!?!



Pada bagian keempat video "History of Pocari Sweat" ini, tepatnya tahun 1980 Pocari Sweat mulai di pasarkan. Apa respon awal seluruh konsumen saat itu ?! NEGATIF !! Ya, benar prediksi para pimpinan kepala direksi pada saat rapat itu bahwa Pocari Sweat tidak akan laku di pasaran. Proses pemasaran yang dipimpin oleh Jiro Tanaka (Kepala Tim Marketing Otsuka Pharmaceutical) dan anggotanya mendapatkan respon yang negatif dari seluruh konsumen bahkan toko-toko yang mereka tawarkan pun menolak untuk menjual Pocari Sweat karena khawatir tidak akan laku dijual. Dibuat juga metode pemasaran di tempat terbuka agar lebih banyak konsumen yang membeli, tapi tetap saja tidak seperti yang diharapkan karena konsumen komplain terhadap rasa Pocari Sweat yang dianggap aneh dan tidak enak oleh konsumen. Kondisi tersebut membuat Akihiko harus mencari jalan keluar untuk mengatasi permasalahan yang dialaminya.
Duh... Letihnye... Letih...letih...letih...
Yakin tuh ?!
Akhirnya, Akihiko membuat keputusan yang mengejutkan semua pihak perusahaan bahkan akan menimbulkan kerugian yang sangat besar untuk perusahaan yaitu dengan membagikan secara GRATIS keseluruh Jepang !!!. Alasan Akihiko membagikan Pocari Sweat secara gratis adalah agar Pocari Sweat dapat di minum oleh setiap orang di setiap tempat dalam jumlah yang besar (tak terbatas), karena keunggulan Pocari Sweat tidak bisa dirasakan kalau tidak di minum berulang-ulang. Tambah Akihiko lagi setelah dibagikan secara gratis dan dalam jumlah yang tidak terbatas nantinya konsumen akan mengerti sendiri keunggulan dari Pocari Sweat. Pemikiran yang sangat jenius dan penuh dengan inspirasi hebat...! Setelah dibagi-bagikan secara gratis akankah Pocari Sweat meraih puncak kesuksesannya ?!. Mari kita tonton bagian selanjutnya.



Pada bagian kelima video "History of Pocari Sweat" ini mulailah para staff marketing membagi-bagikan Pocari Sweat secara gratis ke seluruh Jepang. Karena telah membagi-bagikan Pocari Sweat secara gratis yaitu lebih dari 30 Juta kaleng, perusahaan mengalami kerugian mencapai Rp. 400 Milyar !!!
Busyet dah ! Bisa-bisa bangkrut nih perusahaan...
Mantap !!!
TAPI, jawaban yang diberikan oleh Akihiko adalah sebuah jawaban yang sangat jenius, rasa optimisme yang tinggi dan mental juang yang tak pernah luntur yaitu Akihiko tidak mementingan angkanya (keuntungannya) terlebih dahulu, dia ingin mencoba menciptakan pasar baru yang belum pernah ada, walaupun pada awalnya tidak bisa terjual. Akihiko beranggapan bahwa yang paling penting adalah mensosialisasikan konsep produk secara tepat dari pada menjual menjual produk. Dengan demikian nantinya konsumen akan mengerti keunggulan dari Pocari Sweat, sehingga penjualan nantinya akan meningkat. HEBAT...!!! Benar-benar pimpinan yang bisa menjadi inspirasi bagi semua orang yang ingin sukses dimasa depannya. Sebuah kalimat dari seorang yang jenius (Akihiko Otsuka) yang berbunyi "Jika sekarang menyebarkan benihnya, pasti akan berbuah banyak di kemudian hari'' dan itu ternyata benar-benar TERBUKTI...!!!
 
Setelah 2 tahun penjualan berlajan tepatnya pada musim panas tahun 1981, penjualan Pocari Sweat meningkat dratis. Saat yang dinanti-nanti selama 2 tahun akhirnya membuahkan hasil. Penjualan Pocari Sweat meningkat cepat dan bahkan telah melebihi target yang diperkirakan. Pada tahun 1980 penjualan Pocari Sweat mencapai Rp. 900 Milyar dan tahun 1981 melonjak naik mencapai Rp. 2,6 Triliun. Setelah laris di Jepang, penjualan Pocari Sweat mulai dipasarkan keluar Jepang yang telah tersebar ke 16 negara termasuk Indonesia.
Yeah...!!! Akhirnya sukses juga...!!!
Metode pemasarannya di Indonesia pun sangat efektif.  Pertama : karena di Indonesia  sebagian besar penduduk beragama Islam, pada saat bulan suci Ramadhan umat muslim tidak boleh makan dan minum dari subuh hingga maghrib, maka diadakan promosi pembagian Pocari Sweat secara gratis pada saat buka puasa, karena saking lapar dan haus rasanya jadi enak sekali. Kedua : di Indonesia cukup banyak orang yang tertular Demam Berdarah, penyakit tropis dan diopname di rumah sakit, nah disaat itulah dibagikan Pocari Sweat. secara gratis. Dengan promosi yang tepat tersebut, Jumlah penjualan Pocari Sweat di Indonesia sekitar 500 juta kaleng pada tahun 2009. Dengan kegigihan, kerja keras, kesabaran, ketekunan, optimisme dan rasa percaya diri yang tinggi akhirnya Pocari Sweat mampu meraih puncak kesuksesannya hingga hari ini
Mantaaap...!!! Suit...suit...!

Alhamdulillah...
Demikianlah kisah hebat dari sejarah perjalanan Pocari Sweat yang bisa saya ceritakan didalam video "History of Pocari Sweat" ini. Banyak sekali inspirasi yang bisa kita ambil dan kita terapkan didalam diri kita untuk bisa menuju puncak kesuksesan seperti yang dirasakan oleh Pocari Sweat saat ini. Dengan kegigihan, kerja keras, kesabaran, ketekunan, optimisme dan rasa percaya diri yang tinggi kita akan mampu meraih puncak kesuksesan yang kita impikan.

Sungguh menarik bukan, selain sekarang telah mengetahui asal usul Pocari Sweat, kita juga mendapatkan banyak ilmu pengetahuan baru, beberapa ilmu pengetahuan baru yang kita dapat adalah :
1.    Air infus ternyata dapat diminum sebagai pengganti cairan tubuh.
2.    Jika tidak ada air bersih (misalnya dikarenakan kotor dan lainnya), kita dapat meminum obat dengan menggunakan air soda.
3.    Pocari Sweat terinspirasi dari cairan infus dan keringat.
4.    Selain rasa asin, keringat juga mengandung rasa pahit.
5.    Rasa asin keringat disebabkan karena adanya Ion Natrium dan rasa pahit keringat disebabkan karena adanya kandungan Ion Kalium / Ion Magnesium.
6.    Rasa pahit dari jeruk ternyata bisa menutupi rasa pahit dari minuman lain.
7.    60% tubuh kita terdiri oleh air.
8.    Komposisi keringat saat olahraga berat berbeda dengan komposisi keringat pada saat aktivitas biasa.

Tidaklah ada hasil yang sebesar Pocari Sweat raih saat ini jika tidak ada pengorbanan yang luar biasa dari seluruh orang-orang hebat yang ada di dalam perusahaan Otsuka Pharmaceutical ini. Intinya haruslah tetap optimis di dalam segala hal. Karena bukanlah hal yang mudah untuk mencapai puncak kesuksesan. "Jika sekarang menyebarkan benihnya, pasti akan berbuah banyak di kemudian hari''. Dengan kegigihan, kerja keras, kesabaran, ketekunan, optimisme dan rasa percaya diri yang tinggi kita akan mampu meraih puncak kesuksesan yang kita impikan.

Mudah-mudahan artikel yang saya buat kali ini menjadi inspirasi buat kita semua untuk tetap semangat dalam meraih puncak kesuksesan yang kita mimpi-mimpikan. Salam Pocari Sweat...!!!

Sayonara....

Nonton sekali lagi yuk video full versinya "History of Pocari Sweat" nya. GO ION...!!!



0 komentar »

Leave your response!