,

Selamat Jalan Nenek Kami Tercinta....

Selasa, 09 Maret 2010 Leave a Comment

Sabtu, 6 Maret 2010 adala hari dimana seluruh keluarga besar Kami berduka. Kabar itu bagaikan petir yang menyambar hati-hati Kami. Kabar yang tidak pernah Kami sangka-sangka. Ana saat itu tengah selesai sholat maghrib berjama'ah di Masjid Dakwah setelah mengikuti ta'lim rutin bersama Ustadz Ali Nur. Selang beberapa detik mengucapkan salam di akhir sholat, handphone bergetar. Ana ambil handphone tersebut dari kantung celana dan ana liat telfon dari Umi. 

Ada apa ya kok tiba-tiba Umi menelfon ana ? padahal sebelum sholat maghrib ana dan umi sempat berbalas SMS. Langsung ana angkat telfon dan terdengarlah suara tangisan keras dari Umi ana dengan berkata, " Novri...NENEK UDAH NGGAK ADA LAGI NAK....NENEK TELAH WAFAT...................." setelah itu yang hanya terdengar hanya tangisan Umi ana..... Bibir ana pun kelu sulit berkata, seakan-akan hati ini tercabik-cabik mendengarkan kabar ini..... Hati ana berkata, " Tidak...!!! Nggak mungkin nenek meninggal...!!! Semalam saja nenek masih bisa bercanda-canda dengan cucu-cucunya... TIDAK...!!!!!

Tapi itulah takdir Allah, tiada yang bisa menerkanya. Semua pasti akan merasakan mati. Maut tu tidak melihat pada derajat, umur, kedudukan, keimanan, tua, muda, dan lain sebagainya. Maut tidak akan pernah berkompromi dan tidak akan bisa di kompromikan. Kalau Allah telah berkehendak maut itu kepada makhluknya, tiada satupun yang mampu untuk menghindar. Maut tidak meliha kondisi dan situasi. Mungkin saja maut akan datang tatkala kita sedang sehat, sakit, dirumah, dikantor, disekolah, dipasar, dikampus, atau saat kita duduk santai sambil browsing internet, maut tidak akan memberikan masa tenggang untuk kita.

Nenek... (nama beliau ialah Intan binti Muhammad Tahir) adalah sosok yang paling ana dan keluarga besar ana sayangi da hormati. Beliau adalah sosok seorang nenek yang sederhana namun bersahaja dalam kepribadiannya. Bagi ana di rumah beliau adalah sosok yang memotivasi ana untuk terus meningkatkan kualitas ibadah ana kepada Allah. 23 tahun beliau tinggal bersama keluarga ana dirumah dan hidup bersama kami. Sangat banyak pengalaman hidup yang sangat berharga yang ana rasakan ketika bersama beliau. Tidaklah cukup halaman ini dan tidaklah cukup 1 atau 2 jam untuk menceritakan kisah indah hidup bersama beliau karena terlalu banyak kenangan yang ana rasakan.

Tapi akan ana ceritakan satu kisah tentang kehidupan ibadah beliau di dunia ini. Semoga dari kisah ini bisa memacu semangat kita untuk menigkatan ibadah kita kepada Allah 'Azza wa Jalla. Ana ceritakan kisah ini berdasarkan pengalaman 23 tahun hidup bersama beliau.....


Beliau setiap harinya bangun pukul 3.00 wib subuh. Beliau bangkit dari tampat tidurnya menuju ke kamar mandi guna untuk membuang hajat dan berwudhu'. Setelah itu beliau kembali ke kamar, beliau pakai mukena yang selalu tergaung rapi dan langsung menuju tempat sholat khusus di kamar beliau dimana di tempat itulah beliau selalu melaksanakan sholat. Beliau buka sholat malam beliau dengan 2 rakaat ringan, setelah itu beliau melaksanakan sholat tahajjud. Ana tidak bisa memperikan berapa banyak jumlah rakaat tahajjud yang beliau lakukan karena banyaknya sujud dan salam yang beliau lakukan. Setelah menyelesaikan tahajjud dan witirnya beliau pun berdzikir dan berdo'a. Hal itu selalu rutin beliau lakukan setiap hari sampai menjelang sholat subuh. Tatkala adzan subuh berkumandang dan telah selesai, beliau melaksanakan sholat sunnah fajar dan kemudian melasakan sholat Subuh. 2 tahun terakhir (sejak tahun 2008) beliau tidak mampu lagi untuk sholat dalam posisi berdiri karena beliau menderita penyakit asam urat yang sudah parah yang menyebabkan beliau susah berdiri dan berjalan, dan akhirnya beliau selama 2 tahun terakhir sholat dalam posisi duduk. 

Setelah beliau melaksanakan sholat subuh, beliau naik ke tempat tidur. Jangan kalian kira beliau akan tidur kembali (karena beliau adalah sosok yang sangat membenci tidur di pagi hari setelah shola subuh), beliau mengambil Al Qur'an khusus kepunyaan beliau yang berukuran besar dan setelah itu beliau membaca ayat-ayat Allah tersebut. Pukul 6.00 pagi beliau hentikan bacaan Al Qur'an beliau dan berjalan menuju ruang tamu untuk melihat dan menonton kuliah subuh di televisi. Bagi beliau, "ilmu adalah pelita hati". Pukul 7.00 beliau beranjak dari televisi menuju ke halaman rumah kami. Di halaman rumah ada kebun seluas 10 m x 10 m. di kebun itulah beliau menghabiskan waktu beliau guna menanam tumbuh-tumbuhan dan berbagai jenis sayur-sayuran. Satu kalimat yang sering beliau ucapkan kepada ana, "Tanah adalah asalnya kita dan matipun nanti akan kembali menjadi tanah, maka salah satu teman nenek saat ini adalah tanah...." (mengalir air mata ana ketika mengetik kata-kata beliau itu...). Puasa Ramadhan, puasa Senin-Kamis, puasa tengah bulan tidak perah luput dari kehidupan beliau. Karena jasa beliaulah ana sering melaksanakan puasa-puasa sunnah karena beliau sering membangunkan ana utuk makan sahur.

Jika tidak berpuasa pukul 09.00 wib nenek sarapan pagi. Setelah itu kegiatan beliau adalah kembali berkebun, tapi kali ini mengumpulkan sayur-mayur yang beliau tanam dan menjualnya setiap hari ke kedai-kedai di deka rumah. Beliau gemar berdagang sayur-mayur dan makanan gorengan. Keuntungan yang beliau bisa dapat rata-rata 15.000 - 20.000. Pukul 12.00 wib beliau mandi dan berkemas menunggu sholat dzuhur, setelah siap mandi beliau sempatkan membaca beberapa lembar al Qur'an. Setelah adzan dzuhur berkumandang beliau melaksanakan sholat dzuhur. Setelah sholat dzuhur beliau makan siang ditemani ana dan adik ana ketika kami telah pulang sekolah....Setelah makan siang beliau istirahat sampai menjelang waktu ashar. Sebelum waktu ashar masuk beliau bangun dan berwudhu' kembali. Seperti sholat dzuhur untuk menunggu datangnya waktu sholat ahsar beliau membaca Al Qur'an dan setelah adzan berkumandang belian langsung sholat.

Setelah sholat ashar beliau biasa pergi untuk bersilarrahim ke rumah sahabat-sahabat beliau, beliau pulang ke rumah sebelum maghrib. Sesampainya beliau di rumah, beliau beranjak ke kamar mandi dan mandi kemudian berwudhu'. Setelah itu beliau pakai mukena beliau dan kembali membaca Al Qur'an di tempat tidurnya. Beliau setiap bulannya mengkhataman Al Qur'an 1 kali. Ketika adzan maghrib telah berkumadang beliau langsung melaksanakan sholat maghrib. Selepas sholat maghrib beliau kembali membaca Al Qur'an sampai menjelang sholat isya dan setelah adzan isya berkumadang beliau melaksanakan sholat isya.

Setelah sholat isya beliau menuju ruang tamu dimana beliau setiap malam bersama ayah, ibu dan adik ana menonton tv (sedangkan ana setelah mengenal manhaj salaf jarang menonton lagi karena ana menyibukkan diri ana untuk membaca buku agama di kamar). Beliau duduk santai menonton tv dengan keluarga sampai pukul 21.30 wib. Selesai sholat beliau beranjak menuju kamar mandi untuk berwudhu' kembali, kemudian beliau menuju tempat tidur guna kembali membaca Al Qur'an. Setelah membaca Al Qur'an beberapa lembar sampailah beliau pada kantuk yang berat, kira-kira pukul 23.00 wib setiap harinya barulah beliau tidur malam.

Begitulah kehidupan ibadah beliau setiap harinya dirumah biasa beliau kerjaan dimana ana dan keluarga menjadi saksi hidup perjalanan rohani beliau. Mugkin tidaklah bisa dibandingkan dengan kehidupan ibadah para 'ulama-ulama islam yang mulia. Tetapi setidaknya bisa menjadi bandingan buat kita yang masih jauh dari ketaatan dan ketaqwaan kepada Allah 'Azza Wa Jalla. Satu kalimat yang akan terus smenjadi motivasi bagi ana dan keluarga, "Hidup di dunia ini adalah kesempatan untuk sebanyak-banyaknya mengumpulan bekal amal dan ibadah untuk menghadap Allah kelak nanti di akhirat kelak, maka jangan sia-siakan waktu di dunia ini untuk berbuat yang tidak berguna dan bermanfaat, banyak-bayaklah kita beramal....."

2 tahun terakhir memang sudah banyak penyakit yang nenek derita. Yang terparah adalah penyakit asam urat yang beliau alami di kedua kaki beliau sehingga menyebabkan beliau lumpuh dan tidak bisa berjalan kembali karena syaraf-syaraf kakinya sudah tidak berfungsi lagi. Sejak 2009 nenek sudah tinggal bersama kami di Binjai, melainkan sudah tinggal di Depok bersama anak-anak nenek yang lain disana guna mengobati penyakit beliau. Ada semacam tanda bahwa beliau sudah tidak akan lama lagi di dunia ini (tapi ana waktu itu tidak erlalu berfikir beliau akan segera di panggil Rabb). Ketika hari dimana nenek akan berangat ke Jakarta nenek berpamitan dengan kami. Ketika sampai kepada giliran ana beliau memeluk dan mencium ana ana seraya berkata, " Vi....(Ovi adalah nama panggilan ana di keluarga padahal nama ana adalah Novri)....Selamat tinggal ya Vi....Nggak jumpa lagi kita nanti Vi......" Itulah kalimat yang keluar dari lisan nenek ketika pamitan dengan ana padahal dengan keluarga yang lain nenek tidak mengucapkan kata-kaa itu. 

Nenek meninggal dunia di Jakarta hari Sabtu 6 Maret 2010 pukul 17.40 wib ketika hendak melaksanakan sholat. Sebelum meninggal beliau berwasiat untuk menguburkan jasadnya di Binjai dan berwasiat bahwa ana yang akan menjadi imam untuk menshalati jenazah beliau di rumah (bercucuranlah air mata ana taktala memimpin sholat jenazah beliau dirumah). Minggu 7 Maret 2010 pukul 12.00 wib jenazah sampai di rumah kami di Binjai. Ketika peti jenazah sampai di rumah dan jasad nenek dibuka wajahnya yang telah berbungkus wangi kain kafan spontan seluruh keluarga besar, famili, sahabat-sahabat beliau, dan para pelayat yang lain menangis, tidak luput air mata dari wajah ana pun mengalir karena kehilangan sosok seorang nenek yang sungguh ana cintai.... Maka bergemuruhlah suara tangisan di dalam rumah kami pada saat itu...

Tangisan terhenti sejenak karena kami harus melaksanakan sholat dzuhur. Setelah sholat dzuhur barulah kami menshalati jenazah beliau dengan ana sebagai imam shalatnya. Untuk terakhir kalinya sebelum beliau di kuburan kami mencium kening dan wajah beliau. Ketika ana mencium beliau jasadnya sungguh dingin dan sejuk dan wajah beliau tersenyum. Suhbanallah.....semoga beliau wafat dalam keadaan khusnul khotimah... Setelah mengshalati jenazah beliau barulah jenazah beliau di kuburkan di pemakaman di dekat rumah...

Kini, beliau telah tiada...
Hanya Kenanganlah yang saat ini teringgal...
Sungguh dia adalah orang yang sungguh Kami cintai...
Tiada lagi suri tauladan kami kini di rumah...
Hanya nsehat-nasehatyalah yang kini menjadi pengingat...
Di saa terlupa dari ketaqwaan dan keimaanan kepada sang Khaliq...
Semoga Beliau di tempatkan dia tempat yang mulia...
Yaitu Jannah yang dirindukan oleh setiap makhluk-Nya...
Allahummaa firlahaa Warhamhaa Wa'afiha Wa' Fu'anha...
Selamat jalan nenek Kami tercinta...
Semoga Allah menerima amal ibadahnya...
Semoga Allah melapangkan kuburnya...
Semoga Allah memasukkannya ke dalam Jannah...
Semoga kami di pertemukan kembali di Jannah-Nya kekal...

Selamat Jalan Nenek..........

0 komentar »

Leave your response!